Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Friday, September 3, 2010

ILMU TANAH


Tanah adalah suatu benda alami yang terdapat di permukaan kulit bumi yang tersusun dari bahan mineral sebagai hasil pelapukan bebatuan dan bahan organik sebagai hasil pelapukan sisa-sisa tanaman dan hewan, yang mampu menumbuhkan tanaman, dan memiliki sifat tertentu sebagai akibat pengaruh iklim, jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induk. Semua makhluk di bumi ini sangat tergantung pada tanah.


Oleh karena itu kita harus menjaga dan melestarikannya. Adapun perlunya menjaga dan meningkatkan produktivitas tanah disebabkan karena faktor-faktor yang dapat menurunkan tingkat produktivitas diantaranya adalah erosi yang terus-menerus dapat mengakibatkan terkikisnya lapisan tanah yang paling atas, bencana alam, sistem ladang berpindah, dan lain-lain. Karena dalam mempertahankan dan menjaga kesuburan serta kelestarian tanah itu tidak mudah, maka mulailah manusia mempelajari dan mengadakan penelitian tentang tanah. Kemudian dikenal adanya ilmu tanah.

Secara umum ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari hal ikhwal atau sifat-sifat tanah secara umum. Ilmu tanah sendiri terbagi dalam dua bagian yaitu pedologi dan edaphologi. Pedologi adalah ilmu tanah yang menekankan hubungan tanah dengan faktor – faktor pembentuknya. Sedangkan edaphologi adalah ilmu tanah yang mempelajari hubungan tanah dengan tanaman atau dengan kata lain ilmu yang mempelajari tanah sebagai alat produksi pertanian.

Keberadaan tanah di muka bumi ini sangatlah beragam. Keragaman tanah tersebut meliputi aspek morfologi tanah dan morfologi lahan. Dan untuk mengetahui susunan dari tanah di lapangan maka diadakan praktikum untuk membuat pedon atau profil tanah, sehingga kita dapat mengetahui lebih jelas mengenai horizon-horison tanah, dapat mengetahui sifat-sifat fisika tanah dan sifat-sifat kimia tanah. Dalam membuat profil atau pedon tanah harus memenuhi syarat-syarat, yaitu harus tegak, masih baru atau belum terpengaruh oleh faktor-faktor luar dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sifat-sifat fisika tanah diantaranya adalah tekstur tanah, struktur tanah, konsistensi tanah, dan warna tanah. Sifat kimia tanah meliputi reaksi tanah, kandungan kapur, kandungan bahan organik, konkrensi Mn, pH, serta aerasi dan drainase.

Dengan mengetahui sifat fisika dan kimia tanah, maka kita dapat menyusun pola pengelolaan tanah pertanian sesuai dengan daerah dan sifat-sifat tanah tersebut. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mempelajari tanah dan seluk-beluknya baik dari segi sifat fisiknya maupun sifat kimianya. Dengan mengetahui keadaan tanah yang sebenarnya, kita akan lebih mudah dalam mengolah tanah sebagai lahan pertanian dan kita dapat melakukan tindakan yang benar terhadap tanah itu agar dapat bermanfaat semaksimal mungkin untuk kehidupan seluruh makluk hidup.

1 comments:

PURPLELADY said...

ILMU TANAH --> jurusanku tercinta >,<
yuhuuu...

Post a Comment