Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Monday, September 6, 2010

Lembah Hijau Multifarm

Aktivitas agrobisnis telah di lakukan oleh Lembah Hijau Multifarm(LHM) sejak tahun 1981, mulai berdiri sebagai perusahaan agrobisnis pada tahun 1985 dengan nama CV. Lembah Hijau Multifarm, yang di pimpin oleh Ir. Suharto, MS yang juga berprofesi sebagai pendidik. Kegiatan LHM meliputi kegiatan usaha sebagai berikut:

1. Peternakan Sapi Perah.
2. Pertanian.
3. Perikanan.
4. Pengembangan Bioteknologi StarbiO

Usaha perternakan sapi perah yang dilakukan berintegrasi dengan usaha pertanian dan perikanan. Pemanfaatan sumber daya lokal secara maksimal merupakan landasan yang dilakukan oleh LHM, sehingga merupakan sebuah Integrated Farming System.

LHM terletak di Desa Joho, Mojolaban, Sukoharjo atau kurang lebih 10 menitan dari UNS Solo. Dalam bidang peternakan, fokus Lembah Hijau Multifarm dalam bidang peternakan diutamakan pada hewan Sapi. Semua produk yang berasal dari sapi yang dikembangbiakkan di Lembah Hijau Multifarm seperti susu, dimanfaatkan untuk produksi susu segar, kotoran sapi di manfaatkan sebagai bahan pupuk, dan urin sapi dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk keperluan penyuburan tanah.

Lembah hijau juga membudidayakan berbagai macam produk pertanian, antara lain : bayam merah, kentang, kacang panjang, jambu merah, teh rosella, bermacam-macam bibit yang dijual secara komersil. Semua perencanaan dipertimbangkan secara matang, mulai dari pembibitan, jarak penanaman, perhitungan panen, zat hara, dsb. Salah satu karyawan menjelaskan bahwa seluruh produk dari Lembah Hijau Multifarm tidak ada yang useless, semua mengalir dalam satu siklus, sehingga tidak ada yang dibuang sebagai limbah tidak bermanfaat. Dan tidak hanya itu, tanaman hias juga banyak dikembangbiakkan, dan disilangkan.

Perikanan yang dikembangkan di lembah Hijau Multifarm mayoritas adalah Ikan patin. Ikan patin ini dikebangbiakkan dalam kolam sedalam minimal 4 meter, makanannya mirip dengan enceng gondok namun ukuran daunnya lebih kecil yang perkembangbiakannya bisa berkali-kali lipat dalam semalam.

Produk yang dihasilkan oleh Lembah Hijau Multifarm antara lain :
1. Starbio Plus
Starbio Plus merupakan koloni bakteri yang berupa serbuk, fuungsi dari serbuk ini adalah untuk menguraikan limbah yang aman bagi lingkungan, dapat menguraikan tinja menjadi tinja cair yang dapat diresap oleh tanah dan dapat menjadi zat hara.

2. Ice Cream
Ice cream yang diproduksi berasal dari “dapur sendiri” yaitu dari susu perahan sapi, ice cream ini tebagi dua jenis, ice cream biasa dan yogurt, dan dijual untuk para pengunjung.

3. Shopping and Merchandise
Tersedia pula toko yang menjual produk-produk khas LHM, misalnya pin (besar-kecil), sandal bentuk binatang, pupuk alami, kaos, starbio plus.

Menu di café di LHM juga berasal dari “dapur sendiri” antara lain : bakso patin, aneka juice, ikan bakar, teh rosella, dsb, harga terjangkau

8 comments:

Anonymous said...

eh bagus ini, like this! :)

yhpamungkas said...

yap, LHM bener2 konsep yg pertanian terpadu bgt.
so bagus dah.. he..
mau kesana ni??? hehe...

Pradesi said...

bisa KL disana g bung ?

yhpamungkas said...

Bisa bung,,
coba hub LHM
Jl. Dr. Rajiman No. 200 Solo 57151 PO BOX 281 Tlp: (0271) 642529 - 643303
Fax: (0271) 642820 Email: info@lembahhijau.com http://www.lembahhijau.com

Anonymous said...

terima kasiih infonya..
bisa nambah halaman di laporan kami..

yhpamungkas said...

oke siap,,, terima kasih kembali...

Dillah said...

Matur nuwun kepada mas Yuan,,,
njenengan sudah bantu laporan ESDP saya
hehe

yhpamungkas said...

oke dillah, sip sip..

Post a Comment