Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Friday, February 8, 2013

Menyimak Liga Tim Cadangan di Inggris

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Liga Inggris merupakan kompetisi domestik yang paling menyita perhatian dunia. Selain diisi oleh klub-klub yang mempunyai nama dan sejarah serta reputasi yang tinggi, tingkat persaingan di liga ini sungguh amat ketat dan menarik. Tak lepas pula, peran sejumlah pemain papan atas yang menghiasi klub-klub tersebut.

Sebut saja nama-nama seperti Liverpool, Manchester United, Arsenal, Chelsea, hingga Tottenham dan Newcastle pasti sangat familiar sekali bagi para pecinta bola. Nah, di balik itu ternyata ada yang menarik untuk disimak. Tingkat persaingan mereka pun juga tertuang dalam level kompetisi para pemain cadangan. Jadi, para penghuni hangatnya bangku cadangan pun memiliki kesempatan serupa untuk tampil penuh dalam pertandingan resmi.

Tingkat teratas dari liga profesional tim cadangan adalah Liga Primer Tim Cadangan (Premier Reserve League), yang dibentuk pada tahun 1999. Liga Primer Tim Cadangan ini kemudian dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu utara dan selatan dengan masing-masing peserta sebanyak 10 tim.

Tidak ada promosi dan degradasi di liga tim cadangan. Ketika sebuah tim utama terdegradasi dari Liga Primer, maka tim cadangan akan menarik diri mereka dari liga primer tim cadangan dan digantikan oleh tim cadangan yang tim utamanya promosi ke Liga Primer.

Di bawah liga tim cadangan profesional, banyak klub juga mengoperasikan tim cadangan, yang bermain di liga Cadangan terpisah, seperti Liga Lancashire. Beberapa liga yang lebih rendah, seperti Liga Sepak Bola County Barat-Utara mengatur liga tim cadangan mereka sendiri.

Namun, liga ini sudah mengalami musim terakhirnya yaitu pada musim 2011-12. Pada akhir musim tersebut, kemudian liga ini digantikan oleh kompetisi U-21, yang disebut Professional Development League 1. Hal ini dirasa cukup mewakili potensi pemain-pemain muda klub yang notabene juga menjadi cikal penghuni tim utama nantinya.

Liga seperti ini dinilai memang layak diperhatikan, selain untuk menjaga level permainan seorang pemain serta kondisinya juga untuk memonitor bakat-bakat yang pantas untuk ditarik di skuad utama khususnya pada musim-musim berikutnya yang tak jarang pula pada musim liga berlangsung.

Berikut rekapitulasi gelar juara Premier Reserve League
SeasonNorthern ChampionsSouthern ChampionsPlay-off Final Winners
1999–2000Liverpool ReservesDerby County Reserves
2000–01Everton ReservesDerby County Reserves
2001–02Manchester United ReservesIpswich Town Reserves
2002–03Sunderland ReservesWatford Reserves
2003–04Aston Villa ReservesCharlton Athletic Reserves
2004–05Manchester United ReservesCharlton Athletic ReservesManchester United Reserves
2005–06Manchester United ReservesTottenham Hotspur ReservesManchester United Reserves
2006–07Bolton Wanderers ReservesReading ReservesReading Reserves
2007–08Liverpool ReservesAston Villa ReservesLiverpool Reserves
2008–09Sunderland ReservesAston Villa ReservesAston Villa Reserves
2009–10Manchester United ReservesAston Villa ReservesManchester United Reserves
2010–11Blackburn Rovers ReservesChelsea ReservesChelsea Reserves
2011–12Manchester United ReservesAston Villa ReservesManchester United Reserves

1 comments:

Anonymous said...

wah ternyata.....

Post a Comment