Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Sunday, September 15, 2013

Explore Nusantara : Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Prov. Riau #Jalan2Men

Lanjut lagi edisi jelajahnya #Jalan2Men ke Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Prov. Riau

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) adalah taman nasional yang terletak di SumateraIndonesia. Taman Nasional ini terletak di provinsi Riau dan Jambi. Tepatnya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di Provinsi Riau serta Kabupaten Bungo Tebo dan Kabupaten Tanjung Jabung di Provinsi Jambi. Taman seluas 143.143 hektare ini terdiri dari hutan hujan tropis dan terkenal sebagai tempat terakhir spesies terancam seperti orangutan sumateraharimau sumateragajah sumaterabadak sumateratapir asiaberuang madu dan berbagai spesies burung yang terancam. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga merupakan tempat tinggal bagi Orang Rimba dan Talang Mamak.

Trail Wisata Camp Granit

Semula kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan hutan lindung dan hutan produksi terbatas. Meskipun demikian, kondisi hutan taman nasional tersebut relatif masih alami. Kondisi ini mirip dengan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu Riau Indonesia. 

Untuk mencapai lokasi TNBT dapat dilakukan dari Pekanbaru menuju Siberida - Rengat di Kabupaten Indragiri Hulu sejauh kurang lebih 285 km sekitar 4-5 jam perjalanan kendaraan roda 4. Dari Siberida dapat masuk ke lokasi TNBT melalui jalan bekas HPH (Hak Pengusahaan Hutan). Jika ragu dapat bertanya ke Informasi Alamat Kantor Jl. Gerbang Sari No. 9, Pematang Reba, Rengat, Indragiri Hulu, Riau. Telp. (0769) 3412255, 341279 Fax. 341132, 341148. Atau dapat juga menghubungi Kantor TNBT : Jl. Raya Rengat No. 70, Pematang Reba - Rengat Indragiri Hulu, Riau. Telp. (0769) 341279; Fax. (0769) 341148. (http://dishut.inhukab.go.id/)

Air Terjun Granit

Areal sekitar Air Terjun Granit

Jangan mengambil apapun kecuali foto!
Don't take anything but photo!

Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak!
Don't leave anything but foot print!

Jangan membawa apapun kecuali kenangan!
Don't bring anything but memory!

0 comments:

Post a Comment