Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Monday, June 21, 2010

Pupuk Terbaik Adalah Perhatian

.......... pertanian cuy, my life my adventure.. he..
---- cek it out ---

Nilai sebuah tanaman hias bukan hanya terletak pada harganya yang mahal atau jenisnya yang eksklusif. Nilai sebuah tanaman hias terutama justru terletak pada keadaan tanaman itu sendiri. Sebatang palem atau sikas yang harganya jutaan rupiah karena jenisnya yang eksklusif, akan menjadi tidak ada nilainya sama sekali apabila keadaannya merana tak terawat. Sebaliknya, anthurium biasa yang harganya tak sampai seribu rupiah, apabila kondisinya baik, nilainya akan menjadi berlipatganda dan bisa mendatangkan banyak manfaat bagi yang menatapnya. Tanaman hias yang terawat dengan baik akan bisa mengubah suasana ruang menjadi alamiah, akrab dan membuat siapapun yang berada di dalamnya menjadi tenteram. Suasana seperti ini pada zaman sekarang menjdi sebuah kebutuhan. Lebih-lebih untuk kehidupan di kota-kota besar yang sibuk, bising dan penuh dengan polusi. Tanaman hias yang yang subur dan terawat baik akan banyak membantu mengurangi ketegangan dan mengatasi polusi.

Kondisi tanaman yang baik itu dapat dicapai apabila kita memberinya pupuk yang cukup dan kondisi lingkungannya cocok dengan yang diharapkannya. Di alam aslinya sana, tanaman itu selalu berada dalam lingkungan yang tetap dan dalam suasana yang tidak berubah-ubah. Apabila dalam lingkungannya yang baru kita senantiasa memindah-mindahkannya, tanaman itu akan menderita stres. Manusia pun, kalau tiap minggu atau bulan berpindah-pindah lingkungan pasti akan menderita stres pula. Jadi, tanaman yang semula berada dalam ruangan terbuka, kalau tiba-tiba kita pindahkan dalam ruangan ber AC, pasti akan mengalami banyak gangguan. Demikian pula sebaliknya. Dengan cara yang sangat sederhana, ternyata kita bisa membuat tanaman dalam ruangan ber AC tetap berpenampilan menarik. Daun-daunnya tumbuh subur, mengkilat, segar dan tak ada bagian-bagian yang mengering atau tumbuh merana. Kondisi tanaman yang seperti inilah, yang menjadi dambaan setiap orang.

Selain ini banyak orang yang beranggapan bahwa tanaman yang berada di ruangan ber AC, sekali-kali harus dibawa keluar agar dapat menghirup udara segar serta mendapatkan sinar matahari langsung. Maksudnya, dengan sekali-kali mendapat udara segar dan sinar matahari langsung, kondisi tanaman itu akan menjadi semakin baik. Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Bagian pinggir dan ujung daun mulai mengering. Tanaman menjadi kelihatan merana. Suasana ruangan yang maunya dibikin sejuk malahan menjadi gersang. Orang-orang yang berada dalam ruang tersebut bukannya menjadi tenteram hatinya tapi malahan prihatin karena melihat keadaan tanaman yang merana itu. Hal ini tentunya sangat tidak kita harapkan.

Membiarkan tanaman tetap dalam lingkungan yang sama untuk jangka waktu lama, bukan berarti membiarkannya pula tanpa perhatian sama sekali. Tanaman tersebut tetap perlu kita perhatikan pupuknya, pengairannya, juga kesehatannya. Kebanyakan para penggemar tanaman hias, terutama pemulanya, selalu bersikap kurang sabar. Pertanyaan yang sering mereka lontarkan adalah, pupuk apakah yang dapat menyulap tanaman hias saya menjadi besar dan subur dalam sekejap? Tentu saja pupuk seperti itu tidak pernah ada. Pupuk terbaik untuk tanaman hias bahkan juga untuk tanaman apapun adalah perhatian. Semakin banyak perhatian kita, akan semakin baik kondisi tanaman itu. Tapi yang namanya perhatian bukan hanya sekedar memindah-mindahkan tanaman. Perhatian adalah upaya mengetahui keinginan dan kebutuhan tanaman itu, lalu memenuhinya dengan yang terbaik. Hanya tanaman yang kita beri pupuk terbaiklah nantinya yang akan memberikan hasil yang terbaik pula untuk kita.

0 comments:

Post a Comment