Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Monday, September 6, 2010

Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro berlokasi 5 Km di sebelah Timur Kota Solo tepatnya di Pabrik Gula Tasikmadu Kec. Tasikmadu Kab. Karanganyar. Bentuk atraksi wisata yang diilhami dari saat pabrik akan melakukan giling tebu untuk pembuatan gula atau yang sering di sebut "CEMBRENGANG". Daya tarik wisata yang ada antara lain : naik kereta wisata menelusuri rute sekeliling areal Pabrik Gula melewati Museum Gula, Flying fox, pijat refleksi dengan media ikan dan batu, pancingan, wahana rumah pohon, art galery, taman bermain untuk anak-anak, kolam renang. Selain tersedia resto dan lahan parkir yang cukup luas, setiap hari libur ada panggung hiburan dengan pertunjukan live musik.

Sondokoro merupakan wisata historis bernuansa tempo doeloe yang memberikan kesan eksotis tersendiri bagi pengalaman berwisata anda.

Sejarahnya, SONDOKORO sebenarnya adalah nama desa yang dulu konon cerita berasal dari nama Kyai Sondo dan Kyai Koro yang bertarung 40 hari 40 malam demi mendapatkan menantu bagi anak gadis mereka yang sama-sama mencintai Tumenggung Joyo Lelono. Namun pertarungan tersebut berakhir imbang tanpa ada yang menang ataupun kalah di karenakan mereka berasal dari satu perguruan yang sama. Kemudian oleh penduduk setempat tempat tersebut di namai SONDOKORO yang di ambil dari nama Kyai Sondo dan Kyai Koro, yang petilasannya dapat dilihat di lokasi Jalan Refleksi yang berada di Wahana SRI WIDOWATI, yang diambil dari nama anak gadis Kyai Sondo.

Kini, Agrowisata SONDOKORO dikenal dengan wisata Spoor Teboe yang melintasi persawahan dan kebun tebu sekitar Pabrik Gula Tasikmadu, Wisata Pendidikan dan Wisata Pabrik untuk melihat proses pembuatan gula beserta Instalasinya dan pemrosesan kompos dari blotong dan abu sisa pembakaran ketel. Selain itu, Agrowisata Sondokoro memperkenalkan wahana baru bermuatan edukasi bernama Saccha Sinema. Wahana baru ini berupa bioskop mini yang digunakan untuk memutar film tentang sejarah PG Tasikmadu dan proses pembuatan gula. Keberadaan wahana Saccha Sinema memang dimaksudkan untuk melengkapi fasilitas edukasi, khususnya bagi pelajar segala usia di Sondokoro.

3 comments:

PURPLELADY said...

ralat :

CEMBRENGANG --> CEMBENGAN
kira gitu yg saia tau slama jd org karanganyar :)

rip said...

nonton cembeng yuh,,,,

yhpamungkas said...

ayohh, ndang tak tunggu neng TKP

Post a Comment