Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Monday, September 27, 2010

Jalan ialah Taman Terpanjang

Meretas menyusuri jalanan, menuju kota meniti pendidikan dan mengenyam kerasnya hidup. Sepanjang jalan itu, sering kita berpikir mengenai kondisi jalanan itu sendiri. Naik, turun, berkelok-kelok, panjang, sempit, berlubang, macet, dan lain-lain. Kini jalanan sudah penuh sesak, dengan atribut kendaraan berbagai macem merk. Hadehh polusinya minta angpao, eits ampun maksude… Akan tetapi nikmat rasanya, sepanjang jalan mau kemana aja ada pemandangan segerrr. Selain ngeliatin mungkin ada cewek-cewek lokal tempat kita lewat, maupun yang ikut nimbrung ma kita di jalanan, hmm g terlupakan yaitu pemandangan segerr yang laen berupa kehijauan!!!

Sekarang mari kita simak, apa itu kehijauan yang gw maksud. Apakah itu kolor ijo, emak-emak pake’ baju ijo, lampu ijo, atau malah jalanan yang berwarna ijo!!! Bukan, bukan itu semua… Eh ada yang udah bisa menebak tentune, ya itulah yang gw maksud rindangnya pepohonan, hijaunya tanaman, segernya pemandangan taman. Waw, yang terakhir gw pengen taman yang bisa gw liat??? Hohoho lewat sepintas menyusuri jalanan aja pengen macem-macem. Tapi, satu hal yang gw seneng… Perjalanan Solo-Madiun (SoMad) maupun sebaliknya, dimana gw seringnya lewat jalur alternatif lewat Tawangmangu, jelas berakhiran huruf s, gw bisa ngeliat asrinya pemandangan sekitar jalan. Pegunungan yang elok, banyak macem taneman, buah-sayur, pohon, awan, wuuuhh indahnya ciptaan Tuhan. Betul, betul, betul…!

Kembali ke dunia jalanan yang terisi aneka truk, bus, angkot, motor, sepeda, becak, dokar, nenek-nenek yang lagi nyebrang, bocah kecil yang lagi gendong-gendongan di jalanan, gadis kecil yang lagi maen masak-masakan di jalan, ibu-ibu yang lagi ngelamun mikirin suaminya kerja atau selingkuh, hoho g semua seeh itu tadi di jalanan. Tapi juga bener semua lho itu tadi di jalan. Ya, karena gw lewat jalan tembus di jalanan rumahan, kompleks, dan gank buntu. Haha… Yap, jalanan sekarang makin luas, makin lebar, makin ruwet, makin g layak disebut jalan. Lahh, ada banyak jalan yang ngaku-ngaku disebut jalan… lawong keadaannya penuh lubang, penuh kotoran kuda, hadehh lebih pantes disebut kali.

Ups, tapi gw agak tergelitik ma sebuah tulisan yang gw g sengaja baca di seputaran jalan Palur. Disitu ditulis “Jalan ialah Taman Terpanjang”. Hebat, hebat dah orang yang punya kreativitas nulis kayak gitu. Pak walikota mungkin, haha yang jelas disitu udah mulai pembangunan treck tengah pembatas jalan. Tumben, perbaikan jalan kali ini bukan berupa galian ataupun pelebaran jalan. Nah, di tengah-tengah jalan kini mulai ditata, mulai dipercantik dengan menghadirkan tanaman-tanaman. Ow, dinas pertamanan lumayan juga dah, yo seneng juga ngeliate. Meskipun gak seger-seger banget tapi udah mending ada hal semacam itu. Bener juga seeh, taman itu panjang sepanjang jalan kenangan. Hoho… tanaman pada bergandengan tangan! Hahaha… Akhir kata, sebagai orang pertanian, gw seneng dengan adanya taman berwujud seperti itu. Kehijauan yang gw maksud lumayan lah udah terwakili disitu…

2 comments:

RADEN MAS ICHSAN said...

MANTEP JAYA CUK

yhpamungkas said...

hehei raden mas ichsan, arek ngendi ki yo??? ckckck...

Post a Comment