Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Wednesday, November 17, 2010

Ranking Satu, Rekor Pencapaian Terbaik Kala SD

Selamat tinggal masa-masa TK, selamat datang seragam putih-merah yang jadi seragam kebanggaan anak sekolah dasar alias SD. Sekitar usia 7 tahun gw masuk kelas satu di Sekolah Dasar Negeri Pagotan 1. Lokasinya gak jauh dari gw bersekolah TK. Yakni tepat di sebelah kirinya kalau ditaksir dari tatapan mata kita kalau ngadep depan TK. Hhe… Ya gini aja, lebih tepatnya di sebelah utaranya pas. Hmm gw disekolahin sendiri karena ortu gw pengen anaknya pinter, biar bisa jadi dokter, dan nantinya naek helicopter, terus bisa ngasih oleh-oleh lemperrrr. Mungkin kayak gitu guyonan mengenai harapan ortu. He2… Huss, ya istilahe jadi anak negeri yang berprestasi gitulah. Amiiinnn…

Kalau dipikir-pikir iye juga seeh, ditanya penting gak penting sekolah tu menurut gw jelas penting. Entah itu formal atau non formal, tapi nyatanya sekolah itu tempat yang akan mendidik, membimbing, mengarahkan, dan jadi tempat pengembangan termasuk guna nyalurin bakat n kreativitas apa yang kita punya. Ilmu bisa didapet dimana aja, dan waktu itu kita sering mengenal bahwa buku adalah sumber ilmu, buku adalah jendela dunia, dan itu bakal kita dapet di sekolah. Bahwa untuk menulis kita akan didapuk di buku. Pelajaran pun difasilitasi oleh buku pelajaran. Mata pelajaran yang akan menyesuaikan dengan ritme buku pelajaran itu. Waktu SD kita dapet pelajaran Matematika (Berhitung), Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Seni, Muatan Lokal, IPA dan IPS waktu mulai kelas 4, dan pas kelas 6 gw dapet Bahasa Inggris. Pelajaran laen bakal kita dapet di perpustakaan (buku sejarah, buku bacaan, ilmu2 dan laen-laen). Yah seabrek rutinitas terkait mata pelajaran inilah yang menjadi menu kehidupan kita di eSDe…

Catur wulan (cawu) berarti sistem tiap empat bulan sekali dilakukan evaluasi pelajaran dan hasil penguasaan kita akan pelajaran yang kita dapet. Terima raport, begitulah istilahnya… Cawu pertama merupakan pertama kalinya gw bakal dapet suatu buku yang menggambarkan siapa kita dan nilai-nilai kita. Siapa kita karena akan menunjukkan betapa dan bagaimana kita ini dalam mengerti dan menguasai suatu pelajaran. Dan nilai-nilai yang tertera yang menunjukkan akan hal itu. Nilai per mata kuliah adalah 0-100. tinggal menjumlahkannya aja ya berarti dari sekian mata pelajaran. Perlu diketahui, waktu kelas 1 ini kakak gw yang nomer tiga ialah satu-satunya yang keluarga gw yang masih sempet satu sekolah ma gw. Dia duduk di bangku kelas 6. Disini mas Tri (nama kakak gw), turut jadi saksi momen krusial itu. Momen yang dimana ruangan kelas ditutup rapat-rapat dan murid-murid masih duduk di bangkunya masing-masing. Tret tet tet, pengumuman hasil raport sodara-sodara, dan kelas 1 ini pengumumannya langsung oleh bapak kepala sekolah kala itu. Pak Ranto, kalo gak salah beliau namanya. Hehe… Hasil pun diumumkan, sebelum menyerahkan ke semua murid ternyata akan diumumkan 3 besar penghuni juara kelas. Dan langsung saja gw umumin bahwa gw yang jadi pemuncak hunian itu. Weehh gw juara satu cah, seneng puoooll. Ini bukti gw sekolah dengan baik, hehehe… Kakak gw yang menyaksikannya dari jendela kelas pun ikut tersenyum bahagia. Gw dapet rankink satu…

Kisah ini sebenernya bukan mo maksud menyombongkan diri atau sebagainya. Gw gak congak, dan mang ini apa adanya. Hoho… Yang gw langsung singkat aja ma kejadian ternyata gw mengulang momen krusial sebagai rankink satu itu sampai beberapa banyak lagi. Cawu kedua kelas satu mpek cawu pertama kelas lima. Gw dapet angka satu itu teruss, hehe… Sampai suatu ketika gw dapet kenyataan gw ‘cuma’ jadi rankink tiga di cawu kedua kelas lima. Agak nyesek juga turun langsung 2 peringkat. Lantaran gw dah kebiasa jadi yang nomer satu. Hihi… Tapi ya buat pelajaran aja ke depannya, ambil hikmah nuw tentune. Harusss, toh ya sebenernya bukan hasil raport yang jadi patokan kita bersekolah. Jauh dari itu, ilmu dan amalannya yang terpenting. Meskipun ya boleh dibilang ada kebanggaan tersendiri jadi is number one, numero uno sekelas. Hhe…

Dari 27 murid sekelas, gw hitung total berarti gw dapet 16 kali jadi rankink satu. Apa seeh sebenernya makna ranking satu… Salah besar jika kita menyebutnya orang terpinter satu kelas (orang pinter mah kate orang tu mbah dukun, haha). Kadang emang ada semacam beban ya jadi predikat kayak gitu. Rankink satu hasil nyontek kan gak bisa dibilang pinter, sob! Maka dari itu, rankink satu itu dijadikan evaluasi diri aja, itu merupakan catatan hitam di atas putih yang bisa kita lihat secara penilaian berdasar kriteria kognitif bahkan psikomotorik kita akan suatu materi dan permasalahan. Hmm dan Alhamdulillah gw waktu itu meraih hasil kayak gitu. Bukan dari nyontek, karena gw paling takut nyontek kala itu. Hehe beda ma sekarang, ya dikit-dikit pernahlah nyontek. Tapi sewaktu SD blaz gak pernah nyontek. Insya Allah demikian yang gw inget.. hehehe… Akhir prakata kalimat, gw bangga dengan pencapaian gw sewaktu SD. Kolaborasi nilai gw di pelajaran Berhitung dll ternyata cuma 2 kali gagal menghasilkan kata rankink satu, yang satu tadi lepas di cawu pertama kelas enam. Hehe.. So inilah gw dan rekor gw… Mudah-mudahan di usia yang gak masih muda ini hasil itu bisa menjadi berguna buat gw dan kelak nanti bener-bener gw bisa memenuhi harapan ortu gw, dan tak lupa terus berpijak di bumi…

0 comments:

Post a Comment