Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Friday, December 17, 2010

First Leg Semifinal AFF Suzuki Cup 2010 Filipina Vs Indonesia 0-1

Indonesia sukses melanjutkan tren positifnya. Pertandingan semifinal pertama AFF Suzuki Cup 2010, Indonesia berhasil menang tipis 1-0. Hasil yang tidaklah mengecewakan memang, karena dalam pertandingan tersebut Indonesia bertindak sebagai tim tamu meski bermain di Senayan. Tentunya layak diapresiasi lebih.

Laga memang berjalan sangat seru namun pemain timnas Indonesia cukup puas tidak menambah gol hingga menit akhir babak kedua. Striker Indonesia Christian Gonzales menjadi pemecah kebuntuan dengan akhirnya mencetak gol semata wayang di menit 30 babak pertama. Gol cantik sundulan maut El Loco ini disambut gemuruh oleh suporter timnas baik yang menyaksikan langsung di SUGBK maupun dari layar televisi. Termasuk juga sang presiden RI Bapak SBY yang turut hadir secara langsung di tribun kehormatan. Sejak awal pertandingan, timnas Indonesia memang terus menggempur wilayah pertahanan Filipina yang dijaga cukup ketat. 

Aksi individu pemain Filipina sebenarnya cukup berbahaya. Tapi mungkin sedikit grogi karena ditonton 80 ribu penonton fanatik Indonesia. Soal pemain naturalisasi, timnas Filipina memang rajanya. Namun Indonesia yang "baru" didukung oleh 2 pemain naturalisasi yaitu Irfan Bachdim dan El Loco Christian Gonzales tetap bisa mengimbangi permainan pesepakbola Filipina. Pemain lokal Tim Garuda tidak mau kalah dan sekarang berkembang sangat pesat. 

Dengan kemenangan itu, maka Indonesia cukup meraih hasil imbang pada leg kedua di tempat yang sama, Minggu [19/12] malam WIB. Selain itu, Indonesia menjadi tim pertama yang mengalahkan Filipina di Piala AFF 2010.

Berlaga di hadapan 80 ribu penonton, termasuk presiden Susilo Bambang Yudhono, Indonesia tampil dominan sepanjang pertandingan. Sebaliknya, Filipina tetap mempertahankan taktik bertahan sambil sesekali melakukan serangan balik.  Sejumlah peluang berhasil diperoleh timnas senior, namun tidak satu pun yang menghasilkan gol. Pada menit kesepuluh, bola sodoran Oktovianus Maniani tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh Cristian Gonzales.

Setelah melakukan tekanan hebat ke pertahanan Filipina, timnas akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-31 melalui sundulan Cristian Gonzales memanfaatkan kesalahan kiper Neil Etheridge mengantisipasi umpan Firman Utina.

Di babak kedua, Indonesia kembali mencoba menekan pertahanan Filipina untuk menggandakan keunggulan. Sementara Filipina tetap bermain lepas dengan taktik andalan serangan baliknya.

Namun dibanding babak pertama, Filipina lebih berani keluar menyerang di paruh kedua. Beberapa kali pertahanan Indonesia mendapat tekanan lewat serangan sayap sambil melepas umpan silang.

Walau mendominasi permainan, serangan Indonesia tidak terlalu mengancam pertahanan Filipina. Peluang emas didapat Gonzales, tapi striker Persib Bandung ini kalah cepat dibandingkan pemain belakang lawan.

Serangan balik Filipina memang sangat berbahaya. The Azkals nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-75 ketika tendangan James Younghusband dengan membelakangi gawang nyaris menjebol gawang Markus. Beruntung masih ada Zulkifli Syukur yang berhasil menghalau bola yang meluncur ke arah gawang kosong.

Setelah mendapat tekanan dari lawan, Indonesia mencoba bangkit untuk memperbesar keunggulan. Walau mendapatkan beberapa peluang, tapi tidak mampu menambah gol. Hingga pertandingan usai, skor 1-0 tetap bertahan.

0 comments:

Post a Comment