Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Monday, December 20, 2010

Atasi Filipina, Timnas Indonesia Siap Ganyang Malaysia

Indonesia memastikan lolos ke final ASEAN Football Federation (AFF) Suzuki Cup 2010 setelah menaklukkan Filipina 1-0 dalam leg kedua semifinal di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/12).

Hasil ini membuat Firman Utina, dkk unggul agregat 2-0 menyusul kemenangan 1-0 pada leg pertama yang digelar di stadion yang sama pada Kamis (16/12) lalu. Striker Cristian Gonzales kembali menjadi pahlawan tim merah putih dengan memborong gol kemenangan dalam pertandingan yang berlangsung ketat tersebut. 

Pertandingan diawali Timnas dengan cukup baik. Sedikit kejutan dari pelatih Alfred Riedl yang menurunkan pemain muda Yongki Ari Wibowo menggantikan Irfan Bachdim sebagai starter. Peluang sempat dimiliki oleh Yongki di antaranya didapatnya pada menit ke-48. Yongki sempat bentrok badan dengan Etheridge ketika kedua hendak merebut bola lambung dari Zulkifli. Dalam bentrok fisik itu Yongki dan Etheridge saling terjatuh dan bola sempat terlepas dari cengkraman Etheridge. Namun bola kemudian diselamatkan oleh pemain belakang Filipina.

Gol Gonzales dalam leg kedua ini terjadi pada menit ke-43. Gol bermula dari pergerakan bola yang dilakukan Gonzales di luar kotak penalti. Ia menyudahi pergerakan itu dengan sebuah tembakan spekulasi, yang kemudian diblok pemain lawan. Bola kemudian berada dalam penguasaannya lagi. Ia pun kembali menembakkan bola yang di luar dugaan bersarang di sudut kanan atas gawang Filipina.

Indonesia sebetulnya bisa menutup pertandingan dengan skor lebih dari 1-0 seandainya mampu memaksimalkan sejumlah peluang emas, seperti yang didapat Gonzales pada menit ke-19 dan ke-21.

Meski begitu, performa Indonesia secara umum pantas mendapat acungan jempol. Selama 90 menit, timnas bermain dengan tempo dan agresivitas tinggi, dengan tetap menjaga disiplin dan fokus dalam bertahan.

Setidaknya hal itu terlihat dari sulitnya pemain Filipina berpenetrasi menembus kotak penalti Indonesia. Sekitar 20 menit menjelang akhir laga, Filipina memperbaiki kemampuan penetrasi mereka. Namun, usaha ini tak diimbangi penyelesaian akhir yang baik. 

Di Final, Indonesia akan melawan Malaysia. Dua tim ini sama-sama belum pernah menjadi juara di ajang Piala AFF yang dahulu bernama Tiger Cup. Final akan digelar pada tanggal 26 Desember di Kuala Lumpur dan 29 Desember 2010 di Jakarta. Tentu bukan hal yang asing lagi perseteruan ini. Dan menarik ditunggu, dukungan lebih WNI di Malaysia nantinya. Apalagi di tengah permasalahan yang sering mendera. Inilah saat yang tepat untuk Ganyang Malaysia di partai puncak! Dan semoga kita dapat menyaksikan Firman Utina dkk mengangkat trofi juara di Senayan! Maju Terus Indonesia...!!!!

0 comments:

Post a Comment