Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Saturday, December 4, 2010

Gank Tektur, Puasa Itu Enaknya Jadi Tim Bangunin Sahur

Bapak-bapak, ibu-ibu, sedoyo mawon… sudah waktunya sahur…”. Suara demikian inilah yang sering terdengar dari pengeras suara di masjid kala pukul 2an pagi pas suasana bulan suci Ramadhan tiba. Sebulan penuh itulah salah satu amalan yang bisa kita lakukan pas bulan puasa. Ngebangunin orang buat sahur. 

Gak salah bila banyak anak kecil dan remaja yang turut menyanyikan nada serupa pas dinihari kayak gitu. Bedanya kebanyakan anak-anak tuh sering memakai acara keliling kampung, menggunakan tabuhan-tabuhan dari jurigen atau bedug kecil dan bunyi-bunyian dari kentongan. Kalau di daerah gw, itu dinamakan tekturan. Ya, waktu kecil gw kerap ikut melakukan itu. Selain tadarusan, jalan-jalan malam, begadang dan tidur malem di masjid... kita anak Brobahan dan sekitarnya membentuk tim. Dan tim itu ngebawa misi mulia sebagai tim tektur, bertugas menyuarakan sahur. Berbagai lirik kita susun beserta iringan tabuhan yang akan kita lakukan.

Heboh juga melakukan tekturan. Banyak kisah yang dapat terekam sebelum dan selepas maupun pas tekturan. Karena seperti yang gw sebut tadi, rangkaian kegiatan tekturan selalu berkaitan dengan ibadah di masjid. Mulai dari tadarusan sampai melungker atau tengkurep alias tidur di masjid. Hehe… Habis ikut melantunkan indah bacaan-bacaan Al-Qur’an, anak-anak termasuk gw disitu, langsung mancal sepeda ontel masing-masing bergegas berkeliling malam. Tanpa tujuan yang jelas, hanya mencoba menikmati suasana malam di bulan puasa. Hhe,, ya sebenernya ya asal maen gitu aja. Tapi ternyata gak cuma maen biasa. Bukan bermain biasa, hoho… Kita sempatkan mencari oleh-oleh untuk yang di masjid. Oleh-oleh itu berupa makanan atau buah-buahan, dan juga petasan. Jadi gini, biasanya kita nyari mangga di tempat-tempat yang kita lewati. Kadang juga jambu, ataupun makanan di rumah temen. Wiih mantep dah pokoknya, selain bisa jalan-jalan tetapi juga dapet banyak rejeki. Walau terkesan ada maling-malingnya neeh kita. He.. Gak jarang pula ni kita juga tancap gas dari masjid ke masjid mencari takjil. Terus sampai di masjid asal, kita lanjutin dengan begadang.. Yah guyon-guyon, cerita-cerita, banyak macem lah… kan asiknya ada makanan yang udah banyak kesedia. Haha…

Seusai begadang, atau kadang juga tidur… Jam setengah 2 dinihari kita bersiap untuk bertektur ria. Segala peralatan dah siap, mata sayu-sayu juga segera disiram aer, cuci muka nuwww… Dah seger kita langsung laksanakan tugaz… Nah yang bapak-bapak juga udah bersiap di mikrofon masjid ternyata… Kita melangkah… “sahurrrr.. sahuuuurr!!” dung tek dung dung tek, meriah euy.. Gank Tektur yang terdiri dari sepuluhan anak ini tiada henti berjalan dan meneriakkan plus menyuarakan lagu. Agak kacau yang penting terdengar dan bisa membangunkan orang tidur. Terutama buat para ibu-ibu rumah tangga yang berkewajiban menyediakan hidangan sahur untuk keluarga. Kayak ibu gw di rumah cah, hhe..

Itulah salah satu nikmatnya puasa yang gw alami. Seumuran gw kala itu masih penuh dengan polah-polah yang edan, seruu abiez, tapi beriman. Coz lingkungan gw dididik untuk anak kecil tu sregep mengaji. Ikut ngaji di tempat ngaji. Sekolah TPA di tempat ngaji. Dan masjid deket rumah gw jadi saksi dimana waktu itu gw dan temen-temen hobi tadarus serta tidur disana waktu puasa dan melaksanakan aktivitas tekturan yang enak dan bermanfaat bagi khalayak luas…

0 comments:

Post a Comment