Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Wednesday, July 20, 2011

Do Something: Pengabdian Masyarakat “Rumah Tani Hayati”

Foto bersama petani tua dan petani muda.. hehe

Nah ini dia kisah seusai Jogja on the Road yang gw lakukan.. Acara inti dari yang terinti, mengabdi lagi ke masyarakat... Kali ini langsung ke petani euy, dan itu petani-petani yang merupakan delegasi gapoktan masing-masing di Kunden Klaten. Cielah delegasi.. hehe....

Program ini kembali bernaung dalam PKM yang kali ini berjudul “Rumah Tani Hayati Sebagai Wahana Pengetahuan dan Keterampilan Pertanian Berkelanjutan Bagi Petani di Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten”

So yang kami maksud Rumah Tani Hayati ini merupakan sarana yang dapat menjadi tempat bertemunya para petani, dan tempat untuk mengkaji berbagai informasi terutama tentang pemanfaatan sumber daya hayati dan teknologi pengendalian hayati yang dapat diterapkan oleh petani dalam sistem budidaya tanaman. Dengan adanya Rumah Tani Hayati ini diharapkan petani pada umumnya dan penyuluh pada khususnya mampu mengadopsi dan membuat teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertaniannya.

Kapan ya pelaksanaannya, ehm pada bulan Februari sampai Juni 2011 lah. Di daerah Kunden ini merupakan daerah yang mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani, peternak, dan merupakan daerah yang memiliki sumber daya hayati yang melimpah. Rumah Tani Hayati ini bertujuan untuk melatih petani dan penyuluh agar mengenal dan mengetahui inovasi baru pemanfaatan potensi hayati di bidang pertanian yang dapat digunakan sebagai alternatif terhadap pemecahan permasalahan pertanian yang dihadapi sehingga petani mampu mandiri menciptakan produk pertanian ramah lingkungan.

Waktu penyampaian materi oleh Mas Aifull

Mas budi yang lagi sok praktek, haha

Kegiatan yang udah dilaksanain meliputi presentasi pendahuluan, pendirian Rumah Tani Hayati, pelatihan dan monitoring. Dari hasil monitoring dan data rekapitulasi evaluasi dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman petani dan penyuluh terhadap inovasi baru mengenai pemanfaatan potensi hayati di bidang pertanian sebesar 89,28%, petani juga menjadi terampil dalam pembuatan produk hayati dan terjadi perubahan perilaku petani yang telah mengaplikasikan produk hayati ke lahan pertaniannya dan mengurangi penggunaan pupuk kimia sintetik.

Kongkow-kongkow with pak tani, nanyain progres aplikasi organik

Tim RTH: Mas budi, enal, gw, plus mas Aifull

0 comments:

Post a Comment