Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Thursday, November 24, 2011

Indonesia, Bung!! Bangsa Yang Besar


Tak pelak jarang terbayangkan di benak kita bahwa bagaimana Indonesia yang sungguh amat luas ini bisa terbentuk. Bagi yang pernah belajar sejarah mungkin sedikit-sedikit paham, dan jadi berpikir betapa Indonesia ini dulunya kuat dan dibangun oleh kerajaan-kerajaan yang besar dan makmur di negeri ini. Mengingat sejarah memang ada kagumnya kita namun betapa dibuat mirisnya kita.. Usai kisah kerajaan itu, bangsa ini juga pernah dicap sebagai salah satu Macan Asia... tentunya setelah sekian lamanya bangsa ini dijajah habis-habisan...

Eh tapi berbicara masalah penjajahan pun, pelik rasanya karena sekarang pun rasanya Indonesia masih dijajah.. bahkan lebih parah karena mencakup berbagai sektor, khususnya yang paling dominan di sisi ekonomi.. Investasi manapun sekarang kuat asing yang berperan dan mengambil alih aset bangsa... Dari sisi politis, negara kita seperti hanya numpang nama di daftar kekuatan dunia melalui G14. Namun banyak kebijakan-kebijakan yang justru merugikan bangsa ini sendiri...

Belum lagi dengan situasi pasar yang sekarang ini menyebabkan Indonesia menjadi negara paling konsumtif.. Bayangkan dengan kekayaan alam ini semuanya hanya menjadikan kita seperti terkapar menjadi penonton di tepi lapangan, yang duduk manis bahkan mendukung aksi-aksi tokoh dunia lebih berperan daripada anak bangsa... Sobat, seperti yang gw pernah denger dalam sebuah seminar bahwa Indonesia ini luasnya dapat dikatakan dari London sampai Baghdad, yang artinya Indonesia merangkum lebih dari 20 negara yang ada di dunia.. Nusantara tercinta ini pun dikenal sebagai negara yang besar dari wilayah teritorialnya, bahkan sampai diklaim negara lain dan didapati oknum ilegal ekspor pasir ke negeri seberang. Namun nyata-nyatanya kita terbesar pula untuk ekspor (maaf) babu ke negeri orang. Tak cukupkah besar negara ini?? Atau belum cukupkah negara ini disebut besar untuk rakyatnya???

Disini gw ngga pengen menuturkan banyak lagi yang menjadi problematika kita. Bertanya apa yang salah pun, kita tak dapat satu poin paling penting penyebab kondisi yang seperti ini karena perspektif orang memang berbeda... Yang jelas saat ini kita sebagai seorang generasi solusi yang bukan lagi generasi komplain memang wajib memberikan sumbangsihnya untuk negara... Sekecil apapun itu.

"Merdeka nasional bukanlah tujuan akhir, rakyat yang bebas berkarya adalah puncaknya" - Sutan Sjahrir

Nah kita telah digariskan untuk menjalani nasibnya masing-masing... Ada seorang pengusaha besar, ada pegawai swasta biasa, ada guru, ada nelayan, petani, pedagang kecil, bahkan jongos sekalipun... Lakukan sesuai porsi kita agar dapat berperan untuk negara ini, dimulai dari yang terkecil untuk dapat menjadi pribadi yang baik, berguna untuk orang lain dan orang sekitar, orang tua beserta keluarga, dedikasi untuk instansi tempat bernaung, ikhlas dan cerminan sikap diri yang tak banyak cakap namun giat bekerja... Raih prestasi yang tak sekedar hanya untuk kebanggan, namun manfaat... Dan berbanggalah menjadi bagian dari Indonesia!!! I'm Proud to be Indonesian!! the great Nation...!!!

"Piawailah kita untuk mendawai perubahan, bukan hanya berperingai dalam berkata-kata saja..." - (GNN, 2011)

0 comments:

Post a Comment