Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Wednesday, March 14, 2012

MANAJEMEN AGRIBISNIS: Mengelola Agribisnis Yang Baik


Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa agribisnis merupakan lapangan kerja yang dinamik dan menantang. Diperlukan kemampuan manajemen agribisnis dimana disitu terdapat seorang manajer yang berkaitan langsung dengan arus perekonomian sebuah perusahaan.

Pentingnya Manajemen yang Baik
Sebuah faktor yang lazim terjadi menyebabkan kegagalan bisnis adalah karena manajemen yang tidak efektif. Konsep para manajer tentang peranan manajemen, tentang manajer itu sendiri dan hal-hal yang mereka lakukan, merupakan satu-satunya faktor terpenting dalam menentukan efektif-tidaknya para manajer mengemban peranannya.

Jadi, berhasil-tidaknya agribisnis pada dasarnya tergantung pada efektif-tidaknya pemanfaatan sumber daya organisasi oleh manajer. Kemampuan untuk memanajemen atau mengelola buku merupakan bakat bawaan, tentu saja hal itu merupakan keahlian yang dapat dan harus dipelajari. Karena manusia dan situasi berbeda-beda, pola manajemen perorangan sulit untuk ditentukan. Sehingga keahlian dan prinsip manajemen tertentu yang dapat dipelajari harus disesuaikan oleh setiap orang untuk menghadapi situasi yang unik.

Manajemen sebagai suatu Profesi
Tidak dapat dipungkiri bahwa selama generasi yang lalu pendidikan bisnis telah menjadi dewasa. Sekarang diakui bahwa ada penyebab yang pasti mengapa beberapa organisasi dapat berhasil sedang yang lainnya gagal. Fakta menunjukkan bahwa manajer bisnis yang berhasil dibimbing oleh prinsip dan pengetahuan manajemen, dimana kesadaran bahwa keahlian manajemen dapat dipelajari ditunjukkan dengan perkiraan bahwa bisnis membelanjakan sekian milyar setiap tahun untuk melatih para manajer.

Dalam hal ini memang diperlukan pengorbanan anggaran untuk pelatihan yang dapat disimpulkan bahwa bisnis harus mencoba memahami, meskipun dengan susah payah, bahwa mereka harus bersedia menginvestasi waktu, uang, dan daya-upaya untuk karyawan sebagaimana halnya dengan investasi dalam bentuk tambahan pabrik atau peralatan baru.

Apakah Kekhususan Manajemen Agribisnis?
Pada umumnya, prinsip dan pengetahuan manajemen sama untuk semua bisnis, baik itu bisnis besar maupun bisnis kecil. Perbedaan antara bisnis besar dan bisnis kecil, antara agribisnis dan bisnis lainnya, terletak pada seni menggunakan prinsip dasar manajemen untuk menjalankan bisnis.

Unsur-Unsur Manajemen yang Baik
Manajemen didefinisikan sebagai “seni untuk mencapai hasil yang diinginkan secara gemilang dengan sumber daya yang tersedia bagi organisasi.”. Dari sini dapat ditekankan kata kunci yang merupakan unsur-unsur manajemen yang berhasil. Pertama, manusia yang melaksanakan manajemen (man in management). Didapati bahwa ada dua dimensi dalam manajemen yang baik – dimensi manusia dan dimensi teknik – tetapi yang pertama jauh lebih penting. Kemampuan seorang manajer untuk mencapai hasil penting sekali dalam manajemen yang baik.

Kedua, manajemen adalah seni bukan ilmu. Sehingga perlu memandang prinsip-prinsip manajemen sebagai persamaan yang tidak sempurna. Selanjutnya, setiap manajemen yang baik harus berhasil memenuhi sasaran atau hasil yang diinginkan atau ditentukan sebelumnya. Para manajer harus tahu bidang apa yang mereka kuasai agar dapat mencapai sukses.

Dan terakhir, setiap organisasi memiliki atau mempunyai berbagai macam sumber daya yang dikuasainya. Mereka mengenali perbedaan antara apa yang seharusnya dan apa yang menjadi kenyataan. Mereka menggunakan apa yang mereka miliki untuk memperoleh apa yang mereka inginkan, dan mereka berurusan dengan kemungkinan, bukan fantasi.

0 comments:

Post a Comment