Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Saturday, March 31, 2012

TEKNOLOGI BUDIDAYA TANAMAN SEMUSIM DAN TAHUNAN: Inovasi MOL Keong Mas


Tanaman  padi  merupakan  salah  satu  komoditas  pangan  yang  harus  terpenuhi kecukupannya  untuk  menunjang  kelangsungan  hidup  sebahagian  besar  penduduk Indonesia.  Salah  satu  upaya  untuk  mempertahankan  kecukupan  pangan  adalah melalui pengendalian  faktor-faktor  pembatas.  Salah  satu  faktor  pembatas  yang  penting  adalah serangan hama penyakit.   Keongmas merupakan  salah  satu hama penting pada  tanaman padi di  Indonesia, terutama  pada areal  sawah  beririgasi. Tingkat  serangan  hama  tersebut pun  tergolong  cukup tinggi. Serangan berat umumnya terjadi di persemaian sampai tanaman berumur dibawah 4 MST. Pada  tanaman  dewasa,  gangguan  keongmas  hanya  terjadi  pada  anakan  sehingga  jumlah anakan produktif menjadi berkurang.

Beberapa Keuntungan dari Pengendalian Hama Keongmas
  1. Dapat  menghindari  kerusakan  tanaman  terutama  di  persemaian,  tanaman  muda  dan anakan produktif.
  2. Menghindari kerusakan lingkungan akibat penggunaan pestisida berlebihan.
  3. Dapat  mengoptimalkan produksi padi sesuai dengan daya dukung lahan.
Untuk mengendalikan  hama  keongmas  dalam  rangka mempertahankan  kecukupan pangan, perlu direkomendasikan dalam bentuk  rakitan  teknologi yang mudah dilaksanakan oleh petani serta berwawasan lingkungan.

Keong Mas alias Keong Murbey
Salah satu hama yang berbahaya bagi petani adalah Keong Mas. Keong dinamakan keong mas karena warna cangkangnya yang kuning keemasan. Keong ini juga sering disebut keong murbey karena telurnya bergerombol merah seperti buah arbey/murbey. Keong ini berbahaya karena memakan batang padi, terutama yang masih muda. Padi yang baru ditanam bisa dihabiskan dalam waktu singkat.

Ada beberapa cara untuk membasmi keong mas ini. Cara yang paling mudah adalah dengan menangkapnya dan mengumpukannya. Keong mas bisa digunakan untuk pakan itik atau unggas. Keong mas juga bisa digunakan untuk membuat MOL yang bisa dimanfaatkan oleh petani sendiri. Jadi tidak perlu pakaai moluscusida kimia.

Pestisida Nabati untuk Keong Mas
Sebenarnya ada juga pestisida nabati untuk keong mas, meskipun tidak bisa digunakan pada saat serangan hebat dan populasinya banyak. Resep pestisida nabati ini untuk mengendalikan populasi keong mas saja. Pestisida nabati untuk keong mas bisa menggunakan buah pinang. Buah pinang ditumbuk kemudian disebarkan di sekitar pematang yang banyak keong emasnya.

Keong Mas untuk MOL
Keong mas juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan MOL (mikroorganisme lokal) yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman padi.
MOL (Mikro Organisme Lokal)
Istilah MOL atau kepanjangannya Mikro Organisme Lokal sudah banyak dikenal. MOL mudah dibuat dan mudah diaplikasikan. Cara dan metode pengembangan MOL pun bermacam-macam. Namun, kadang-kadang suatu resep MOL yang berhasil diterapkan di suatu tempat, seringkali kurang berhasil dilakukan di tempat lain. Meskipun demikian pembuatan MOL merupakan salah satu cara untuk membuat petani mandiri.

Mikro Organisme Lokal (MOL) adalah kehidupan jasad renik (mikro organisme) yang dihasilkan dari bahan yang ada di daerah setempat. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat MOL diantaranya Keong Mas, Bonggol Pisang, Buah-Buahan yang membusuk, dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment