Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Monday, June 18, 2012

Madiun Juga Ada Car Free Day



Car Free Day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor dirumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor ataupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.

Nah seperti kebanyakan kota lainnya, warga Kota Madiun kini juga semakin dimanjakan dengan program Car Free Day (CFD) atau hari tanpa kendaraan bermotor. Kemarin (17/6), telah di-launching lokasi CFD yang baru, yakni kawasan Madiun Square atau Alun-Alun kota. Berarti, kawasan CFD bertambah setelah sebelumnya ada di Bundaran Taman. Hal ini tentu untuk menambah kesempatan warga berolahraga di Alun-Alun dengan tidak terganggu polusi.


CFD Madiun Square dimulai antara pukul 06.00 sampai 09.00. Selama tiga jam itu, semua akses jalan menuju Madiun Square ditutup total. Warga banyak yang memanfaatkan CFD Madiun Square dengan melakukan jogging, bersepeda, hingga dance di jalan raya.



*Foto: Radar Madiun

Pemilihan Madiun Square sebagai lokasi CFD juga dinilai tepat. Karena, posisinya ada di tengah kota yang didukung banyaknya tanaman dan pepohonan. Kota-kota lain juga serius mengembangkan CFD. Kalau animo warga besar, maka bisa dikembangkan ke titik lain. Seperti mungkin nanti dikembangkan pula di area Stadion Wilis maupun tempat lainnya.

2 comments:

hadi said...

tapi mana sekarang .. gag ada kan ?????

yhpamungkas said...

Kagak intens yaaa.. padahal bagus....
yah, tapi lumayan lah ada spot Minggu pagi di Taman atau Gulun....

Post a Comment