Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Monday, November 5, 2012

Proyek RS Pendidikan UNS

Satu lagi proyek prestisius yang dicanangkan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), yaitu membangun sebuah Rumah Sakit Pendidikan. Menurut sumber yang didapatkan dari Sistem Informasi UNS, proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan UNS (tahap pertama) di Kampus UNS Pabelan, yang merupakan Proyek Bantuan Luar Negeri dari Saudi Fund, senilai US$ 39,105,900.00 atau setara dengan sekitar Rp. 352 miliar (dengan kurs Rp. 9.000,- US $). 

Sebenarnya jadwal semula adalah mulai dibangun pada tahun 2012, akan tetapi kemungkinan pengerjaan proyek tersebut baru akan dimulai awal tahun 2013. Pembangunan akan menggunakan lahan seluas dua hectare di kampus UNS Pabelan Surakarta. Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi MS, mengatakan rumah sakit yang dibangun nantinya memiliki kelas pelayanan internasional. "Proses pembangunan dimulai dengan merobohkan bangunan-bangunan yang ada. Setelahnya mulai pembangunan," kata Ravik. 

Dalam pengembangannya nanti, UNS akan bekerjasama dengan rumah sakit milik provinsi RS Dr Moewardi. Diharapkan pembangunan rumah sakit selesai pada tahun 2014 mendatang. Pembangunan ini sendiri sesuai dengan Rancangan Undang-undang (RUU) Pendidikan Kedokteran yang akan segera disahkan. Undang-undang akan mengatur agar di setiap universitas yang mempunyai fakultas kedokteran memiliki rumah sakit pendidikan. Meski demikian, syarat pendiriannya harus memiliki standar yang ditentukan, jadi tidak boleh sembarangan.

Terlepas dari pengerjaannya yang mundur dari rencana awal, pembangunan rumah sakit pendidikan ini akan menambah aset UNS yang kini telah mencapai Rp 2,2 triliun. Dan tentu saja keberadaan rumah sakit pendidikan ini akan menjadi modal penting bagi UNS menuju World Class University (WCU). Baik, kita tunggu saja adanya 'Sebelas Maret University Hospital' ini kelak..... 




*Dokumentasi diambil pada tanggal 5 November 2012

0 comments:

Post a Comment