Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Saturday, December 15, 2012

Kuliah Itu Ngga Hanya Kuliah

Bagi kawan-kawan mahasiswa yang lagi pada sibuk-sibuknya ngampus, ada pertanyaan sekaligus pernyataan yang menarik. Dimana Kita Sekarang???? Maka Inilah dimensi kamar kost… yakni 2 x 3, kemudian inilah dimensi ruang kuliah… 8 x 8, lalu inilah dimensi kantin… 5 x 5, juga inilah dimensi kamar mandi… 2 x 2, dan…. Inilah dimensi kamar nanti!! Yaaa, 2 x 1 sodara-sodara…..

Coba bayangkan kawan, dan resapi perlahan…

Bangun..., dan Keluarlah... Terdapat banyak sekali Dimensi di luar sana… Mulai dari Rindangnya alam, Eloknya taman dan tata kota, Hangatnya suasana pedesaan, Ladang pertanian, Tempat rekreasi, Jalan raya, dan ada pula Ladang amal. Ini yang terpenting…

Nah saatnya membentuk kembali Konsep diri yang kita punya… Komunikasi sangat diperlukan sebagai kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan individu serta berhubungan erat dengan perilaku individu itu sendiri. Perbedaan perilaku individu dalam melakukan komunikasi dan atau berhubungan dengan orang lain merupakan situasi yang berkaitan dengan psikologis individu.

Komunikasi juga berkaitan dengan asumsi manusia. Maka bagi sebagian orang tentu mengenal akan perbedaan karakteristik orang yang terbuka dan orang tertutup. Sikap Terbuka misalnya Menilai pesan secara objektif dengan menggunakan data & logika, Membedakan dengan mudah, melihat suasana, Berorientasi pada isi pesan, Mencari informasi dari berbagai sumber, Lebih bersifat provisionalisme dan bersedia mengubah kepercayaan.

Sebaliknya Sifat Tertutup yang cenderung Menilai pesan berdasarkan motif, Berpikir simplisis (berpikir hitam putih) tanpa nuansa, Bersandar lebih banyak pada sumber pesan daripada isi pesan, Mencari informasi tentang kepercayaan orang dari sumbernya sendiri, Secara kaku mempertahankan sistem kepercayaan, dan Menolak atau mengabaikan pesan yang tidak konsisten dengan sistem kepercayaan.

Jalur-jalur pemikiran seperti itulah yang mesti kita pilih, untuk menata konsep diri khususnya dalam aktualisasi diri di lingkungan kampus sebagai anak kuliahan. Bentuk ini termasuk Etos Aktualisasi – The production of result yang menjiwai kehidupan seseorang dalam kesehariannya agar lebih bermakna dan bermanfaat. Bukan hanya bagi diri sendiri, tapi juga penting artinya berperan bagi orang lain.

Terdapat banyak pilihan yang dapat kita ambil semasa di bangku kuliah, memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan status mahasiswa. Dari konsep diri muncul lah sebuah passion. Setiap mahasiswa patut menyadari bahwa tiap individu mempunyai potensi yang berbeda-beda. Apalagi ditunjang oleh lingkungan baik itu kondisi keluarga, pertemanan, maupun kesenangan pribadi.

Pada akhirnya kita bebas untuk berbuat banyak hal, kita dapat menikmati berbagai kesempatan dan pengalaman yang datang, dan berbuat lebih bagi sekitar. Kita bisa menjadi anak kuliahan yang pintar dalam akademik, pintar dalam berorganisasi, pintar dalam berwirausaha, atau pintar dalam melakukan komunikasi interpersonal dengan orang lain.

Selama kuliah, Jangan hanya mempelajari materi perkuliahan, namun asahlah KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL anda kawan!!

Semua orang memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam sehari, 168 jam seminggu, 672 jam sebulan, dan seterusnya. Terasa amat sayang apabila tidak dimanfaatkan dengan memaknainya menjadi sesuatu yang lebih. Karena pada dasarnya kita juga memerlukan kegiatan. Untuk itu penting bagi kita untuk memiliki sebuah komunitas. Maka dengan komunitas akan memberikan kita sebuah passion dan rutinitas.

Jadikan kuliah tidak sekedar “kuliah”, karena KULIAH NGGA HANYA “KULIAH”

gambar by :  www.ngampusaja.com

0 comments:

Post a Comment