Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Sunday, March 27, 2011

Mengapa Orang Bisa Berkeringat???


Sering kita alamin mungkin, suatu saat kita sedang buru-buru menuju suatu tempat... Tentu bagi yang dia berjalan kaki.. kadang tanpa disadari akan terlihat keringat bercucuran di dahi, di kepala, di badan malahan... apalagi nampak jelas menempel di pakaian... haha kalau dengan kondisi semacam itu kita jadi ngga pede.... Ya iyalah udah basah semua padahal ngga kena ujan eee ditambah wewangian bau cuka kecut yang terpancar dari diri kita.. Bayangkan kita dalam kondisi tersebut saat berada di sebuah pertemuan atau acara penting atau yang lagi banyak orang atau kita sedang di hadapan umum.. Gubrakkk...

Ngga usah jauh-jauh dah, mungkin suatu keadaan kita tidak sedang buru-buru... Ehm katakanlah sedang gugup atau grogi... Ngadepin masalah super berat, mungkin sedang dalam tes atau ujian, mungkin juga abiz bikin kesalahan, atau mungkin juga sedang interview kerjaan... Haha bagi sebagian orang mungkin pernah kala itu mereka meneteskan keringat yang abnormal.. hihi..

Tapi beda cerita dengan mungkin alesan orang-orang yang kepanasan, ada juga yang memang sengaja berjemur untuk cari keringat, berolahraga yang bertujuan mencari keringat juga.. hehe... Apa bener berkeringat itu sehat??? Kata orang yang berlebihan juga mungkin menandakan tidak sehat lho?? Lalu bagaimana?? Hoho...


Mari kita telisik darimana asalnya keringat itu....
Nah Keringat merupakan cairan yang dapat menguap, menguap membutuhkan panas. Panas tersebut diambil dari kondisi panas tubuh kita. Jadi dengan otomatis, panas tubuh kita terserap dan suhu tubuh dapat menurun dengan adanya penguapan tersebut.

Keringat diproduksi oleh kelenjar keringat di lapisan epidermis, melalui kulit. Kandungan utamanya, antara lain sodium klorida (bahan utama garam dapur), 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol) yang dapat menimbulkan aroma.

Di dalam tubuh, kelenjar keringat ada dua macam, kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Masing-masing memiliki perbedaan dalam komposisi keringat yang dihasilkan, begitu juga dengan fungsinya. Kelenjar keringat ekrin adalah kelenjar keringat yang tersebar di seluruh permukaan tubuh, tapi lebih banyak di telapak tangan, telapak kaki, dan wajah. Keringat yang dihasilkan adalah air yang mengandung berbagai macam garam, dan berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh.

Nah, kalau kelenjar keringat apokrin berguna untuk menghasilkan keringat yang mengandung lemak. Letaknya berada pada ketiak dan sekitar alat kelamin. Aktivitas kelenjar ini menghasilkan bau dari bakteri yang memecah komponen organik. Haha, ini dia yang menyebabkan keringat bisa bau!

Yah begitulah keringat, bahkan orang pekerja keras pun diidentikkan dengan cucuran keringat. Tak salah memang karena keringat memiliki peran besar dalam mempertahankan temperatur tubuh. Dengan rajin menjaga kebersihan, bakteri tidak bisa berkembang dan badan pun tidak menjadi bau. Selamat berkeringat... hehehe....

0 comments:

Post a Comment